cover
Contact Name
Ejen Jenal Mutaqin
Contact Email
caxra@institutpendidikan.ac.id
Phone
+6285222293501
Journal Mail Official
caxra@institutpendidikan.ac.id
Editorial Address
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/caxra/about/editorialTeam
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
ISSN : 27984028     EISSN : 27982036     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Artikel di caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: Penelitian Pendidikan Dasar Teori Belajar Kurikulum dan Teknologi dalam Pendidikan Manajemen dan Sekolah Kebijakan Sekolah Siswa Meta Kognitif di Sekolah Dasar Literasi Sekolah Dasar Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar (belajar dan pembelajaran, strategi, model, pendekatan, metode dan teknik pembelajaran, evaluasi pembelajaran, psikologi pembelajaran, dan atau pedagogy, sains, sosial, matematika, kewarganegaraan, bahasa, seni, budaya, agama, keolahragaan, teknologi, lingkungan)
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
ANALISIS KELAYAKAN MEDIA PEMBELAJARAN HERBARIUM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KREATIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR Dea Asri Pujiasti; Citra Kusuma Dewi; Neni Nadiroti Muslihah
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (308.72 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1177

Abstract

In today’s information age, the ability for creativity is one of the competencies that every student must have. However, science learning in elementary schools has not provided many opportunities for students to develop this ability. Therefore, it is necessary to make efforts to improve students' creative abilities, one of which is by using herbarium learning media. The purpose of this study was to analyze the feasibility of herbarium learning media in increasing students' creativity in science learning in elementary schools. The method used in this research is descriptive qualitative. The research instrument consisted of a questionnaire, observation sheets, and interviews. The results of the questionnaire data processing show that the creativity of students when seen in general in science learning using herbarium learning media, as well as from each indicator, and the attitude scale of each individual shows creative interpretation with 70% of students getting the creative category and 30% of students getting the very category creative. Overall, the quality of herbarium learning media is very suitable to be used to support learning in increasing student creativity in science learning in elementary schools.Keyword: Herbarium Learning Media, Student Creativity Ability, Science Learning. Pada era informasi sekarang ini, kemampuan kreativitas merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki setiap siswa. Namun demikian, dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar selama ini belum banyak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan ini. Oleh karena itu, perlu upaya dalam meningkatkan kemampuan kreativitas siswa salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran herbarium. Adapun tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kelayakan media pembelajaran herbarium dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar observasi, dan wawancara. Hasil pengolahan data angket menunjukkan bahwa kreativitas siswa jika dilihat secara umum pada pembelajaran IPA dengan menggunakan media pembelajaran herbarium, maupun dari masing-masing indikator, dan skala sikap tiap individu menunjukkan interpretasi kreatif dengan 70% siswa mendapat kategori kreatif dan 30% siswa mendapat kategori sangat kreatif. Secara keseluruhan kelayakan media pembelajaran herbarium sangat layak digunakan untuk menunjang pembelajaran dalam meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Kata kunci: Media Pembelajaran Herbarium, Kemampuan Kreativitas Siswa, Pembelajaran IPA.
Analisis Metode Jari Magic (Jarimatika) dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian dan Motivasi Belajar Siswa Eko Fajar Suryaningrat; Neni Nadiroti Muslihah; Lisna Tiawati
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.805 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1178

Abstract

This research is motivated because some students still find it difficult to count, especially in multiplication, this has an impact on learning motivation, therefore researchers are interested in this study which aims to improve numeracy skills and student motivation in learning to count through learning with Jarimatika. This study involved 6 students consisting of 3 participants from class III and 3 participants from class IV. This research method uses a qualitative approach with descriptive methods. This data was obtained by means of tests, motivation questionnaires, and interviews. The data analysis technique in this study uses the process of data collection, data reduction, data display, and conclusion / verification. As for the results of the research using Jarimatika in numeracy skills for class III, the learning activities are practicing Jarimatika, printing fingers and arranging puzzles with an average score of 8.77 and for grade IV the learning activities are matching pictures, pasting cards and the circumference of Nusantara with the average score. 8.66. Meanwhile, for the result of learning motivation for class III gets an interpretation value of 3.22 which is classified into the "Good" category, and for class IV gets an interpretation value of 3.36 belonging to the "Very Good" categoryKeywords: Jarimatika, Numeracy Skills, Learning Motivation Penelitian ini dilatar belakangi karena sebagian siswa masih merasa kesulitan dalam hitungan khususnya dalam perkalian hal ini berdampak terhadap motivasi belajar, oleh karena itu peneliti tertarik dalam penelitian ini yang bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung dan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran berhitung melalui pembelajaran dengan jariamtika. Penelitian ini melibatkan partisipan sebanyak 6 orang siswa yang terdiri dari 3 orang partisipan dari kelas III dan 3 orang partisipan dari kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data ini diperoleh dengan tes, angket motivasi, dan wawancara. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan proses pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan /verifikasi. Adapun hasil penelitian dengan menggunakan jarimatika dalam kemampuan berhitung untuk kelas III kegiatan belajarnya belatih jarimatika, mencetak jari tangan dan menyusun puzzle dengan hasil rata-rata nilai 8.77 dan untuk kelas IV kegiatan belajarnya mencocokan gambar, menempelkan kartu serta keliling nusantata dengan hasil rata-rata nilai 8.66. Sedangkan ntuk hasil motivasi belajar kelas III mendapatkan nilai interpretasi 3.22 tergolong ke dalam kategori “Baik”, dan untuk kelas IV mendapatkan nilai interpretasi 3.36 tergolong ke dalam kategori “Sangat Baik”Kata kunci: Jarimatika, Kemampuan Berhitung, Motivasi Belajar
ANALISIS KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V SDN 2 MEKARASIH Neng Intan Nurhilma Citrasari; Neni Nadiroti Muslihah; Hendra Permana
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.744 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1173

Abstract

Based on the results of pre-observations, that the social skills of fifth grade students of SDN 2 Mekarasih in interacting, communicating, building teams / groups and solving problems are still low (lacking). This can affect student activity in the online learning process which is also a new challenge for teachers to be able to develop students' social skills. This study aims to determine the development of these four students 'social skills in online learning and to determine the contribution of online learning activities to the development of students' social skills. This research is a qualitative descriptive study with a naturalistic approach, using questionnaires and interviews as data collection tools. The results showed that the social skills of fifth grade students of SDN 2 Mekarasih in these four aspects were included in the strong category with a total score of 76.47%, as for the contribution of online learning activities, the results obtained were able to assist teachers in developing students' social skills by based on learning activities carried out in groups can develop these four aspects of social skillsKeywords: Student Social Skills, Online Learning Berdasarkan hasil pre-observasi, bahwa keterampilan sosial siswa kelas V SDN 2 Mekarasih dalam berinteraksi, berkomunikasi, membangun tim/kelompok dan menyelesaikan masalah masih rendah (kurang). Hal ini dapat mempengaruhi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran daring yang juga menjadi tantangan baru bagi guru untuk dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan empat keterampilan sosial siswa tersebut dalam pembelajaran daring serta untuk mengetahui kontribusi kegiatan pembelajaran daring dalam pengembangan keterampilan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis pendekatan naturalistic, menggunakan angket dan wawancara sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial siswa kelas V SDN 2 Mekarasih dalam ke-empat aspek tersebut termasuk ke dalam kategori kuat dengan total skor sebesar 76,47%, adapun untuk kontribusi kegiatan pembelajaran daring diperoleh hasil yakni mampu membantu guru dalam mengembangkan keterampilan sosial siswa dengan didasarkan pada kegiatan belajar yang dilakukan berkelompok dapat mengembangkan keempat aspek keterampilan sosial tersebut.Kata Kunci: Keterampilan Sosial Siswa, Pembelajaran Daring
ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Windi Paulina; Neni Nadiroti Muslihah; Risma Nuriyanti
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.901 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1175

Abstract

This study aims to describe the use of popup book media in mathematics learning. The participants were low-class students at Kp. Babakan Bungbulang which was held in a learning family. Desscriptive qualitative is used as a research method by collecting data using observations, questionnaires and wawancra. Triangulation of data used is 1) to see the analysis of media usage to learners whether it is classified as a good media used it is based on the results of interview tests and questionnaires, 2) The results showed that the learners greatly appreciated the popup book learning media applied in mathematics learning that has been carried out in the second observation. This shows that the results of this popup book media analysis research can help students in learning with increased learning ability, especially in mathematics learning.Keywords: Improving learning ability, Mathematics Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pop up book dalam pembelajaran matematika. Partisipannya adalah peserta didik kelas rendah di Kp.Babakan Bungbulang yang dilaksanakan dalam sebuah rumpun belajar. Kualitatif desriptif digunakan sebagai metode penelitian dengan pengumpulan data yang menggunakan observasi, angket dan wawancra. Triangulasi data yang digunakan yaitu 1) untuk melihat analisis penggunaan media kepada peserta didik apakah tergolong media yang baik digunakan hal ini terdapat berdasarkan hasil tes wawancara dan angket, 2) Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik sangat mengapresiasi terhadap media pembelajaran pop up book yang diterapkan dalam pembelajaran matematika yang telah di laksanakan dalam observasi kedua. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil penelitian analisis media pop up book ini dapat membantu siswa dalam belajar dengan meningkatnya kemampuan belajar khususnya dalam pembelajaran matematika.Kata kunci : Peningkatan kemampuan belajar, Pembelajaran Matematika
ANALISIS UNSUR INTRINSIK PUISI DALAM BUKU ANTOLOGI CERPEN DAN PUISI ANAK BALON KEINGINAN PENYUSUN KORRIE LAYUN RAMPAN DAN IMPLIKASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR Dina Rainida Ilhami; Dani Gunawan; Risma Nuriyanti
caXra: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.759 KB) | DOI: 10.31980/caxra.v1i1.1176

Abstract

The intrinsic element of this poem can express good poetry being shown the understanding and delusion of poetry, in addition to having an effect to sharpen sensitivity to humanitarian issues. Poetry in the book Anthology Of Short Stories and Poetry of Balon Children The desires of Korrie Layun Rampan is a collection of poems by elementary school students, therefore, students can understand the intrinsic element of poetry in elementary school learning. This research aims to describe the intrinsic elements of poetry and the implications in elementary school. The research method used is descriptive qualitative research. Based on the results of research shows that poetry with the theme of love of the homeland there are 5 poems, humanity there are 12 poems, and patriotism there are 3 poems. While the tone there is a tone advising there are 2 poems, there are 2 poems, there are 2 poems, and pride there are 14 poems. The feelings conveyed are the feeling of anxiety 5 poems, admiration 7 poems, happiness there are 4 poems, and gratitude there are 4 poems. This mandate is grouped by theme, there is a mandate of gratitude to the One God, a mandate to always be sympathetic and empathetic, and always respect and respect that exists in yourself, country, and culture. Related to this in the book Anthology of Short Stories and Poetry Of Children Balon Desire constituents Korrie Layun Rampan 11 poems have implications in learning and 9 poems have no implications in learning. Anthology Book Of Short Stories and Poetry of Children Balloons The desire of Korrie Layun Rampan is expected to add insight and reference of children's reading materials related to literary works.Keywords: Intrinsic Elements of Poetry, Learning Unsur intrinsik puisi ini dapat mengekspresikan puisi yang baik dengan ditunjukkan oleh pemahaman dan penghayatan puisi, selain itu juga berpengaruh untuk mempertajam kepekaan terhadap masalah kemanusiaan. Puisi dalam buku Antologi Cerpen dan Puisi Anak Balon Keinginan penyusun Korrie Layun Rampan ini merupakan kumpulan dari puisi karya siswa sekolah dasar, sehubungan dengan hal itu maka siswa dapat memahami unsur intrinsik puisi dalam pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik puisi dan implikasi di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa puisi dengan tema cinta tanah air terdapat 5 puisi , kemanusiaan terdapat 12 puisi, dan patriotisme terdapat 3 puisi. Sedangkan nadanya terdapat nada menasehati terdapat 2 puisi, ajakan terdapat 2 puisi, kritik terdapat 2 puisi, dan kebanggaan terdapat 14 puisi. Perasaan yang disampaikan yaitu perasaan kegelisahan 5 puisi, kekaguman 7 puisi, kebahagiaan terdapat 4 puisi, dan rasa syukur terdapat 4 puisi. Amanat ini dikelompokkan berdasarkan tema, terdapat amanat rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, amanat untuk selalu bersimpati dan berempati, dan selalu menghormati dan menghargai yang ada dalam diri sendiri, negara, dan budaya. Terkait hal tersebut dalam buku Antologi Cerpen dan Puisi Anak Balon Keinginan penyusun Korrie Layun Rampan 11 puisi berimplikasi dalam pembelajaran dan 9 puisi belum berimplikasi dalam pembelajaran. Buku Antologi Cerpen dan Puisi Anak Balon Keinginan penyusun Korrie Layun Rampan diharapkan dapat menambah wawasan dan referensi bahan bacaan anak terkait karya sastra.Kata Kunci: Unsur Intrinsik Puisi, Pembelajaran

Page 1 of 1 | Total Record : 5